Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata
Judul Modul : Melalui
“Permainan Surat Berjalan”Kelas VIII A SMP Negeri 5 Jelimpo Pada Pembelajaran
Bahasa Indonesia Teks Eksplanasi untuk menumbuhkan
motivasi intrinsik dalam menerima keberagaman dan toleransi perbedaan
Nama
Peserta : Dede Melda
A.
Latar
Belakang
Ada beberapa hal yang
mendasari saya mengambil
rancangan aksi nyata yang berkaitan dengan nilai dan
peran guru penggerak di sekolah. Poin-poin yang
melandasi sebagai berikut.
1.
Hal ini sejalan dengan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara
karena lebih mementingkan proses yang berjalan untuk mencapai hasil yang
maksimal yaitu budi pekerti.
2.
Pendidik menuntun siswa agar mendapat keselamatan dan kebahagiaan
bagi manusia dan kehidupan di tengah masyarakat.
3.
Sesuai juga dengan kodrat alam dan zaman setiap anak karena pada
dasarnya anak selalu suka dengan permainan.
4.
Sebelum siswa mendapat ujian karakter di masa mendatang, pendidik
telah menuntun menyiapkan karakter mereka.
5.
Abad 21 ini kita sebagai pendidik menuntun siswa kita menjadi
orang yang moderat memiliki ilmu pengetahuan agar mampu saling menghargai
perbedaan dan keberagaman yang ada.
6.
Adanya hal ini pendidik
bersifat reflektif terhadap kegiatan
pemebelajaran peserta didik.
Aksi nyata ini akan melakukan
permainan surat berjalan di
dalam kelas untuk menumbuhkan
motivasi intrinsik pada peserta didik. Adapun permainan ini
sebagai berikut.
1.
Sebuah metode permainan yang dibuat
oleh kelompok kami dengan cara siswa
akan diberikan masing-masing kertas.
2.
Setiap siswa akan menuliskan satu atau dua
kata dari kata kunci yang diberikan pendidik yang
berkaitan dengan keberagaman dan toleransi perbedaan.
3.
Setelah menulis dengan memberikan
kode pada kertas, siswa melipat kertasnya. Kertas yang sudah
ditulis dikumpulkan berdasarkan
deret bangku.
4.
Kemudian pendidik membagikan kertas tersebut kepada siswa lain untuk menyambung jawaban.
5.
Jawaban itu akan
diberikan ke teman sebelahnya
untuk disambungkan sampai di
bangku terakkhir
6.
Setiap
30 detik menulis kertas dipindahkan /digilir kepada teman sebelahnya.
7.
Setelah
waktu yang ditentukan habis, siswa
membacakan hasil tulisan di kertas yang
dipegangnya.
8.
Setelah
semua siswa membacakan tulisan di kertas
yang mereka pegang.
9.
Pendidik
meminta kepada siswa menyimpulkan
manfaat dari permainan yang dilakukan.
B.
Tujuan
Berdasarkan latar belakang di atas CGP
merinci tujuan menjadi dua yaitu tujuan
untuk pendidik dan peserta didik dalam rencana aksi nyata sebagai
berikut.
1. Tujuan Bagi Pendidik
a.
Guru mampu bersifat reflektif pada permainan surat
berjalan pada pembelajaran bahasa Indonesia
“Teks Eksplanasi di kelas VIII A.
b.
Guru berpihak
pada peserta didik pada permainan surat berjalan pada pembelajaran
bahasa Indonesia “Teks Eksplanasi di
kelas VIII A.
2. Tujuan Bagi Peserta Didik
a.
Peserta didik mampu
bersifat terbuka dengan segala
jawaban di dalam permainan.
b.
Adanya permainan ini
peserta didik akan belajar
menghargai perbedaan.
c.
Peserta didik dapat merasakan
keberagaman yang ada dari setiap
jawaban
d.
Permainan ini
mengajarkan kita berkolaborasi
C. Linimasa Tindakan yang Akan
Dilakukan (16-23)
Berdasarkan tujuan
di atas CGP merinci linimasa
yang akan dilakukan sebagai berikut.
|
NO. |
Hari,tanggal |
Deskripsi Kegiatan |
Keterangan |
|
1.
|
Senin, 16
November 2020 |
Pendidik
menyosialisasiakan rencana aksi nyata
tentang permainan surat berjalan
kepada kelas VIII A dengan memperhatikan protokol kesehatan |
Foto atau
Video |
|
Pendidik menjelaskan
poin-poin yang akan dilakukan |
|||
|
2.
|
Selasa, 17
November 2020 |
Pendidik menyiapkan
permainan dan peralatan yang diperlukan |
Foto |
|
3.
|
Rabu, 18
November 2020 |
Simulasi kegiatan yang dilakukan
bersama rekan CGP atau rekan
sejawat |
Foto atau Video |
|
4.
|
Jumat, 20
November 2020 |
Rencana aksi nyata berupa permainan
surat berjalan sesuai
protokol kesehatan |
Foto atau video |
|
5.
|
Sabtu, 21
November 2020 |
Pesan dan
kesan disampaikan oleh peserta didik |
Foto atau video |
D.
Dukungan yang
dibutuhkan
Berdasarkan rencana aksi nyata yang dibuat , CGP memerlukan dukungan sebagai
berikut.
1.
Bahan
dan Alat
a. Kertas
manila
b. Origami
c. Sticky note
2.
Tenaga
a. Keluarga
untuk mendukung moril dan materiil
ketika melakukan proses ini
b. Kepala
sekolah sebagai evaluator program agar program ini lebih
baik dan penanggungjawab
c. Rekan
sejawat ikut serta melaksanakan program
yang dibuat dan
membantu mendokumentasikan.
d. Peserta
didik mengikuti dan
dapat menerapkan sesuai
kesepakatan.
e. CGP
sebagai perancang program, pelaksana,
serta agen perubahan nilai-nilai dan peran guru
penggerak.
3.
Cara
mendapatkan dukungan
a. CGP
mengkomunikasikan rencana aksi
nyata ini kepada pihak yang
terlibat.
b. CGP meminta dukungan kepada semua
pihak yang membantu
c. CGP mencatat bahan dan alat yang
dimiliki CGP untu
kegiatan ini
d. CGP juga
memberitahu kepada peserta didik
untuk membawa peralatan yang
disesuaikan dengan kegiatan
e. CGP mengonfirmasi
kepada kepala sekolah tentang bahan
dan alat yang dapat digunakan
oleh CGP.
f. CGP juga
berkoordinasi dengan rekan se.jawat untuk kegiatan rencana aksi nyata ini dan membantu
untuk mendokumentasikan.
a
0 komentar:
Posting Komentar