Sabtu, 14 November 2020

RAN Modul 1.2 Melalui “Permainan Surat Berjalan”Kelas VIII A SMP Negeri 5 Jelimpo Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Eksplanasi untuk menumbuhkan motivasi intrinsik dalam menerima keberagaman dan toleransi perbedaan

Edit Posted by with No comments

 

Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata

 

Judul Modul    : Melalui “Permainan Surat Berjalan”Kelas VIII A SMP Negeri 5 Jelimpo Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia  Teks Eksplanasi untuk  menumbuhkan  motivasi  intrinsik dalam  menerima keberagaman dan toleransi  perbedaan

 

Nama Peserta  : Dede Melda

 

A.       Latar Belakang

Ada beberapa  hal  yang  mendasari saya  mengambil rancangan  aksi nyata yang  berkaitan dengan nilai  dan  peran guru penggerak di sekolah. Poin-poin  yang  melandasi sebagai  berikut.

1.      Hal ini sejalan dengan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara karena lebih mementingkan proses yang berjalan untuk mencapai hasil yang maksimal yaitu budi pekerti.

2.      Pendidik menuntun siswa agar mendapat keselamatan dan kebahagiaan bagi manusia dan kehidupan di tengah masyarakat.

3.      Sesuai juga dengan kodrat alam dan zaman setiap anak karena pada dasarnya anak selalu suka dengan permainan.

4.      Sebelum siswa mendapat ujian karakter di masa mendatang, pendidik telah menuntun menyiapkan karakter mereka.

5.      Abad 21 ini kita sebagai pendidik menuntun siswa kita menjadi orang yang moderat memiliki ilmu pengetahuan agar mampu saling menghargai perbedaan dan keberagaman yang ada.

6.      Adanya  hal ini  pendidik  bersifat reflektif  terhadap  kegiatan  pemebelajaran  peserta didik.

Aksi  nyata ini akan  melakukan  permainan  surat berjalan di dalam  kelas untuk  menumbuhkan  motivasi intrinsik pada peserta didik. Adapun  permainan ini  sebagai berikut.

1.      Sebuah  metode permainan yang dibuat oleh kelompok kami dengan  cara siswa akan  diberikan  masing-masing kertas.

2.      Setiap  siswa akan menuliskan  satu atau dua  kata dari  kata kunci  yang diberikan  pendidik yang  berkaitan  dengan  keberagaman dan toleransi  perbedaan.

3.      Setelah menulis dengan  memberikan kode pada kertas, siswa melipat kertasnya. Kertas yang  sudah  ditulis  dikumpulkan  berdasarkan  deret bangku.

4.      Kemudian pendidik  membagikan  kertas tersebut  kepada siswa lain  untuk menyambung jawaban.

5.      Jawaban  itu  akan  diberikan  ke teman  sebelahnya  untuk disambungkan sampai  di bangku  terakkhir

6.      Setiap 30 detik  menulis  kertas dipindahkan /digilir kepada teman  sebelahnya.

7.      Setelah waktu  yang ditentukan habis, siswa membacakan hasil tulisan di kertas yang  dipegangnya.

8.      Setelah semua  siswa membacakan tulisan di kertas yang mereka pegang. 

9.      Pendidik meminta  kepada siswa menyimpulkan manfaat dari  permainan yang dilakukan.

 

B.        Tujuan

Berdasarkan  latar belakang  di atas CGP  merinci tujuan menjadi  dua  yaitu tujuan  untuk pendidik  dan  peserta didik dalam rencana aksi  nyata sebagai  berikut.

1.      Tujuan Bagi Pendidik

 

a.    Guru mampu bersifat reflektif pada permainan surat berjalan pada pembelajaran bahasa Indonesia  “Teks Eksplanasi di kelas VIII A.

b.   Guru berpihak  pada peserta didik pada permainan surat berjalan pada pembelajaran bahasa Indonesia  “Teks Eksplanasi di kelas VIII A.

 

2.      Tujuan Bagi Peserta Didik

a.       Peserta didik mampu  bersifat terbuka  dengan  segala  jawaban  di dalam  permainan.

b.      Adanya  permainan  ini  peserta didik  akan  belajar  menghargai  perbedaan.

c.       Peserta didik  dapat  merasakan  keberagaman  yang ada dari setiap jawaban

d.      Permainan ini  mengajarkan  kita berkolaborasi

 

C.    Linimasa Tindakan  yang Akan  Dilakukan (16-23)

Berdasarkan  tujuan  di atas CGP  merinci linimasa yang  akan dilakukan sebagai  berikut.

NO.

Hari,tanggal

Deskripsi  Kegiatan

Keterangan

1.    

Senin, 16 November 2020

Pendidik menyosialisasiakan  rencana aksi  nyata  tentang permainan surat berjalan  kepada kelas VIII A  dengan  memperhatikan  protokol kesehatan

Foto  atau  Video

Pendidik  menjelaskan  poin-poin yang  akan  dilakukan

2.    

Selasa, 17 November 2020

Pendidik  menyiapkan  permainan  dan  peralatan yang  diperlukan

Foto

3.    

Rabu, 18 November 2020

Simulasi  kegiatan yang  dilakukan  bersama  rekan CGP atau  rekan  sejawat

Foto atau  Video

4.    

Jumat, 20 November 2020

Rencana  aksi nyata berupa  permainan  surat  berjalan  sesuai  protokol  kesehatan

Foto atau  video

5.    

Sabtu, 21 November 2020

Pesan  dan  kesan  disampaikan  oleh peserta didik

Foto atau  video

 

D.    Dukungan  yang  dibutuhkan

Berdasarkan  rencana aksi nyata yang  dibuat , CGP memerlukan dukungan  sebagai  berikut.

1.   Bahan dan  Alat

a.       Kertas manila

b.      Origami

c.       Sticky note

2.      Tenaga

a.       Keluarga untuk  mendukung moril dan  materiil  ketika  melakukan  proses ini

b.      Kepala sekolah sebagai  evaluator  program agar program ini  lebih  baik  dan penanggungjawab

c.       Rekan sejawat ikut serta melaksanakan  program yang  dibuat  dan  membantu  mendokumentasikan.

d.      Peserta didik  mengikuti  dan  dapat menerapkan sesuai  kesepakatan.

e.       CGP sebagai  perancang program, pelaksana, serta  agen perubahan  nilai-nilai dan peran  guru  penggerak.

3.   Cara mendapatkan  dukungan 

a.       CGP mengkomunikasikan  rencana  aksi  nyata ini  kepada pihak  yang  terlibat.

b.      CGP  meminta dukungan  kepada semua  pihak  yang  membantu

c.       CGP  mencatat bahan  dan alat yang  dimiliki  CGP  untu  kegiatan ini

d.      CGP  juga  memberitahu kepada peserta didik  untuk  membawa peralatan  yang  disesuaikan dengan  kegiatan

e.       CGP  mengonfirmasi  kepada kepala sekolah tentang bahan  dan alat yang  dapat  digunakan  oleh  CGP.

f.       CGP  juga  berkoordinasi dengan rekan se.jawat untuk kegiatan  rencana aksi nyata ini dan  membantu  untuk mendokumentasikan.

 

 

 

a

0 komentar:

Posting Komentar