Sabtu, 14 November 2020

Rancangan Aksi Nyata (Penumbuhan Semangat gotong royong dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII A SMP Negeri 5 Jelimpo)

Edit Posted by with No comments

 

RANCANGAN  TINDAKAN  UNTUK AKSI NYATA

Judul Modul : Penumbuhan Semangat gotong royong dalam Pembelajaran  Bahasa Indonesia  Kelas VIII A SMP Negeri 5 Jelimpo

Nama Peserta            : Dede Melda ( SMP Negeri 5 Jelimpo)

A.    Latar  Belakang

Pendidikan adalah sistem  yang  memanusiakan manusia dari  ketidaktahuan menjadi tahu, dari  ketidakpandaian  menjadi pandai.  Pendidikan  diselenggarakan juga berkaitan  dengan  tujuan yang  terdapat  di dalam pembukaan UUD  yaitu  mencerdaskan  kehidupan  bangsa. Pendidikan  juga  sebagai  tempat  pembentukkan  karakter peserta didik agar nantinya  mampu hidup  di tengah-tengah  masyarakat. Hal ini  sejalan  dengan  pendapat  dari Bapak Pendidikan Indonesia  yaitu Ki Hajar Dewantara mengatakan  bahwa  “Pendidikan adalah  tempat  persemaian  segala benih-benih kebudayaan  yang hidup  dalam  masyarakat. Pendidikan  dan  kebudayaan  merupakan  pondasi untuk  membentuk peradaban.

Sejalan yang  dikatakan  Ki Hajar  Dewantara ini  bahwa pada abad 21 pendidikan telah  berubah  karena zamannya.  Akan tetapi, nilai  luhur  dari  bangsa kita  tidak boleh  untuk  berubah.  Pendidikan  seharusnya  mengajarkan sesuai dengan  nilai  budaya  yang  kita  miliki  bukan  terpengaruh  dengan  segala  kemajuan  teknologi  dapat mengubah  nilai-nilai  humanis tertanam  di masyarakat kita.  Adanya  permasalahan  esensial  yang  kita takuti  terjadi  di dalam  sekolah  kita tentang  tergerus  nilai-nilai  Pancasila yang  sudah  ditanamkan  dari  zaman  dulu maka  dengan program  guru  penggerak ini  dapat  menciptakan  iklim  belajar  yang  baru  agar terjadi  keselarasan dan  keberpihakan  kepada peserta didik.

Hal ini  juga melandasi  merdeka  belajar untuk  mencapai  profil  pelajar pancasila yang  akan  dimiliki  peserta didik di tengah  masyarakat,  maupun  di sekolah.  Pentingnya  profil pelajar  pancasila  ini  agar peserta didik  kita  tidak  menjadi manusia  yang  egois  atau  individualis  terhadap  lingkunganya. Pertimbangan  ini  menjadikan  penulis  calon guru  penggerak  membuat  rencana aksi nyata yang akan dilakukan  dalam skala kecil terlebih  dahulu  yaitu  pada kelas VIII A SMP Negeri 5 Jelimpo. Penulis  memilih kelas VIII A karena  pertimbangan  bahwa  penulis  sebagai  wali kelas dan  mengampu  mata pelajaran  bahasa Indonesia  d kelas ini. Penulis  ingin  menjadikan kelas VIII A sebagai  role  model  dari  penerapan profil pelajar Pancasila  di SMP N 5 Jelimpo. Alasan  menumbuhkan semangat gotong royong  pada kelas ini karena  penulis  ingin  meningkatkan  kepdulian  antarsiswa, menghilangkan  sifat egois yang  dimiliki siswa, dan  secara berkelompok  mampu  menciptakan  dan menyelesaikan  permasalahan  pada pembelajaran bahasa Indonesia pada khususnya.

B.     Tujuan 

Berdasarkan  latar belakang  di atas penulis  merinci tujuan  rencana aksi  nyata sebagai  berikut.

1.      Menerapkan  pembelajaran bahasa Indonesia  secara berkelompok yang  kompetitif dalam belajar.

2.      Menciptakan  suasana belajar bahasa Indonesia yang  menyenangkan.

C.    Linimasa yang  Akan Dilakukan

Berdasarkan  tujuan  di atas penulis  merinci linimasa yang  akan dilakukan sebagai  berikut.

NO.

Hari,tanggal

Deskripsi  Kegiatan

Keterangan

1.    

Selasa, 3 Nov 2020

Pendidik menyosialisasiakan  kegiatan  penanaman nilai  gotong royong  kepada kelas VIII A  dengan  memperhatikan  protokol kesehatan

Foto  atau  Video

Pendidik  membagi  peserta didik  dalam  kelompok berdasarkan  tempat  tinggal dan  membuat  kesepakatan  kelas

2.    

Rabu dan Kamis, 4 & 5  Nov 2020

Pendidik  menyiapkan  materi  berupa  video  yang  dikirim  kepada peserta didik dan  tugas yang harus  diselesaikan

Foto

3.    

Jumat, 6 November 2020

Pendidik  mengirim  tugas kepada grup wa kelas yang  sudah  dibuat.

Foto

4.    

Sabtu- Senin (7­—9 November 2020

Peserta didik  berdiskusi  tentang tugas yang  diberikan  pendidik.

 

Peserta didik  mendokumentasikan  kegiatan  yang  mereka  lakukan.

 

Peserta didik  boleh  konsultasi  dengan  pendidik  menggunakan  wa

 

5.    

Selasa, 10 November 2020

Peserta didik  mengumpulkan  tugas mereka  yang  telah  mereka  buat bersama  kelompok

 

6.    

 

Pendidik  menginfokan kepada peserta didik  untuk presentasi  tugas yang  mereka  buat pada hari  yang  ditentukan.

 

Pendidik  meminta kepada peserta didik menentukan  setiap  anggota kelompok  mengemban tugas masing-masing ketika  diskusi.

 

7.    

Rabu, 11 November 2020

Pendidik menilai  tugas yang telah  dibuat oleh  peserta didik

 

8.    

Jumat, 13 November 2020

Peserta didik  mempresentasikan tugas mereka  dan  ditanggapi  oleh  kelompok lain.

 

9.    

Selasa, 17 November 2020

Pendidik  meminta mereka  merefleksikan  manfaat dari  bergotong royong dalam  kelompok

 

10.                

Jumat, 20 November 2020

Pendidik  mengirim  tugas lanjutan  untuk  umpan  balik  dari  manfaat bergotong royong

 

Peserta didik  diminta membuat karya  baik karya  berupa audio, visual, atau audiovisual

 

11.                

Selasa, 24 November 2020

Pengumpulan  karya  dan  testimoni dari  peserta didik  selama kegiatan

 

 

D.    Dukungan  yang  Dibutuhkan

Berdasarkan  rencana aksi nyata yang  dibuat , penulis  memerlukan dukungan  sebagai  berikut.

1.   Bahan dan  Alat

a.       Kertas manila

b.      Origami

c.       Sticky note

d.      Cat Warna

e.       Spidol

f.       Infokus

g.      Laptop

h.      HP

i.        Printer

j.        Lem

k.      Double tip

2.      Tenaga

a.       Keluarga untuk  mendukung moril dan  materiil  ketika  melakukan  proses ini

b.      Kepala sekolah mengizinkan dan  mendukung melakukan  rencana  aksi  nyata

c.       Rekan sejawat dalam  membantu  menyiapkan  peralatan  pembelajaran dan  dokumentasi

d.      Peserta didik  mengikuti  dan  dapat menerapkan sesuai  kesepakatan.

3.   Cara mendapatkan  dukungan 

a.       Penulis mengkomunikasikan  rencana  aksi  nyata ini  kepada pihak  yang  terlibat.

b.      Penulis  meminta dukungan  kepada semua  pihak  yang  membantu

c.       Penulis  mencatat bahan  dan alat yang  dimiliki  penulis  untu  kegiatan ini

d.      Penulis  juga  memberitahu kepada peserta didik  untuk  membawa peralatan  yang  disesuaikan dengan  kegiatan

e.       Penulis  mengonfirmasi  kepada kepala sekolah tentang bahan  dan alat yang  dapat  digunakan  oleh  penulis.

f.       Penulis  juga  berkoordinasi dengan rekan se.jawat untuk kegiatan  rencana aksi nyata ini dan  membantu  untuk mendokumentasikan.

E.     Tolok Ukur

1.      Kelompok dapat menyelesaikan  tugas sesuai  kesepakatan  waktu  yang  sudah  ditentukan.

2.      Hasil karya  yang kelompok  buat sesuai  dengan perintah

3.      Setiap  anggota kelompok  dapat berperan sesuai  peran  ketika  memaparkan hasil kelompok mereka.

4.      Bukti  berupa foto atau  video  ketika  mereka  mengerjakan secara berkelompok.

0 komentar:

Posting Komentar